Sunday 6 March 2016

Pola ducting elbow


Assalamu'alaikum,, 
Apa kabar Sahabat semua?  semoga senantiasa dalam keadaan sehat jasmani dan rohani juga ekonomi tentunya, hehe
Melanjutkan postingan sebelumnya yaitu cara membuat pola ducting,dan kita sudah membahas bagaimana cara membuat pola ducting lurus, mudah-mudahan sahabat semua khususnya para pemula dibidang ducting sudah bisa mempraktikan nya secara nyata dalam dunia kerja. 
Untuk melengkapi postingan tersebut, maka kali ini akan penulis tambahkan postingan Cara membuat pola ducting elbow  sebagai pelengkap postingan sebelumnya walau masih banyak artikel-artikel lain terkait cara pembuatan pola ducting yang belum bisa penulis sampaikan ke sahabat- sahabat semua.


Artikel ini dibuat atas dasar pengalaman penulis sebagai tukang ducting, tentunya masih banyak kekurangan-kekurangan yang tidak bisa penulis sampaikan, oleh karena itu jika ada yang perlu ditambahkan atau ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar di akhir kalimat postingan ini, marilah kita sama-sama berbagi kepada sahabat-sahabat yang lain yang mungkin bisa membantu khususnya para pemula dan umumnya bagi kita semua.

Untuk memudahkan pemahaman kita maka, pada pembahasan kali ini kita akan ambil contoh membuat ducting elbow dengan ukuran 20" x 16". 


1. Bagian bidang datar
Bagian bidang datar adalah bagian elbow yang di-stik pola nya sebagai berikut (lihat gambar dibawah ini)



Pada Gambar diatas kita lihat ukuran-ukuran 20" adalah salah satu bidang pembentuk volume ducting, 1/4" yang ditambahkan pada bagian sisi dari bidang tersebut adalah stik (untuk ditekuk L) ketika diasembling menjadi bagian pengunci terhadap bidang lock. sedangkan 1 cm adalah untuk tekukan sisip atau sebagai press flandest. Pada bagian sudut-sudut dari pola tersebut kita potong (coak) sesuai kebutuhan. Untuk 1 buah elbow diperlukan 2 buah/ lembar bidang stik-an.

Setelah kita potong dari bahan dasar, maka pola tersebut kita tekuk bagian stik-an agar membentuk lekukan L. Cara ini bisa dilakukan dengan mesin Lockformer atau bisa juga dilakukan secara manual.

2. Bagian bidang lengkung
Pada ducting elbow bagian lengkung ini menduduki fungsi sebagai lock-an.
Untuk membuat polanya kita bisa lakukan cara sebagai berikut:

a.Terlebih dulu kita ukur bagian lengkungan yang sudah distik, hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa panjang kita menentukan ukuran pada bidang lock-an. pada contoh ini kita dapatkan panjang 110 cm dan 32 cm.



b.Setelah mendapatkan ukuran panjang untuk membuat pola lock-an, baru kita bisa membuat pola nya, bisa dilihat pada Gambar berikut:




Setelah kita membuat pola dan sudah dipotong, kemudian kita lakukan pengelockan, proses ini bisa dilakukan dengan mesin dan bisa juga secara manual.
Setelah itu kita asembling, dan hasil nya akan seperti gambar dibawah ini:



 Mudah kan,,!
Selamat Bekerja.
Apabila sahabat merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ke sahabat-sahabat yang lain.
Berbagi hal yang bermanfaat adalah ibadah, dan berbagi itu indah.

Salam
SK


Melihat artikel-artikel sebelumnya, Klik disini.

3 comments:

  1. permisi saya ingin menanyakan rumus dari elbow itu bagaimana ya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumus apanya yang dimaksud gan,,?
      Jika mau membuat ducting Elbow terlebih dahulu kita tentukan radius nya, lalu ditambahkan ukuran ducting yang diharapkan (jangan lupa ditambah kira2 1/2" untuk tekukan yang nantinya akan masuk ke bagian Lock). setelah itu tekuklah bagian yang sdh ditambahkan tadi lalu ukurlah berapa panjang gagian lock yang harus kita siapkan (janganlupa untuk bagan lock kita tambahkan 2" yang nantinya akan terlipat sebagai pengunci bagian lainnya)

      Delete
  2. Rumus menentukan R itu ada ga pak

    ReplyDelete

Silahkan bubuhkan kritik, saran atau pertanyaan anda disini.