Thursday 17 September 2020

Supply Air Diffuser dan Return Air Grille

Sahabat hvac tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Supply air diffuser (SAD) dan Return air grille (RAG). Untuk sahabat yang belum faham apa itu SAD dan RAG mari kita coba bahas satu persatu ya..

Supply air diffuser (SAD) dan Return Air Grille (RAG) adalah merupakan aksesoris dari sebuah sistem hvac yang menggunakan ducting seperti AC Central.

SAD merupakan aksesoris sistem hvac yang berfungsi sebagai titik akhir dari aliran udara supply dari unit AC menuju ruangan. Ada beberapa model SAD yang digunakan dalam sistem hvac diantara nya ada yang terbuat dari Allimunium dengan finishing akhir menggunakan powder coating, ada juga allumunium natural (tanpa dilakukan proses coating), selain itu ada juga istilah lain dari SAD yaitu Supply air perforated (SAP), sesuai dengan nama nya perforated berarti bolong kecil-kecil, perforated ini memang terbuat dari bahan plate bolong-bolong dengan diameter bolongan antara 5-6mm, banyak yang jual bahan ini dalam keadaan sidah bolong-bolong, tapi jika ingin lebih rapih dan bagus maka sebaiknya membuat bolongan sendiri dengan proses CNC akan tetapi proses ini akan sedikit lebih besar biaya nya dibanding dengan menggunakan bahan yang sudah bolong-bolong dari pabrikan. 

Bahan perforated yang digunakan adalah plat mild steel dengan finishing powder coating, dan ada juga bahan yang digunakan adalah SUS 304 dan 316. Pemilihan bahan itu sendiri akan desesuaikan dengan aplikasi sistem hvac nya, jika hanya dingin maka boleh menggunakan SAD dengan bahan dari Allimunium natural atau powder coating, sedangkan sistem hvac khusus cleanroom maka bahan yang digunakan adalah sus 304, 316 ada juga yang menggunakan bahan mild steel dengan finishing powder coating.

Selain SAD, makan RAG pun memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai bagian dari aksesoris hvac.

Perbedaan antara SAD dan RAG terletak pada posisi pemasangan, SAD dipasang di depan unit AC yaitu titik akhir jalur udara supply yang menuju ruangan, sedangkan RAG dipasang pada titik awal dari laju udara yaitu dari ruangan menuju unit.

Baik sahabat, kita cukupkan sampai disini dulu pembahasan tentang SAD dan RAG, untuk pembahasan komponen dan aksesoris lainnya akan kami bahas pada postingan-postngan berikut nya.

semoga tulisan bermanfaat.

Sahabat juga bisa baca artikel-artikel sebelumya yang sudah berhasil kami Posting dan kamu kumpulkan dalam sebuah menu navigasi sitemap. Silahkan klik disini

Sekian terimakasih

Salam semangat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan bubuhkan kritik, saran atau pertanyaan anda disini.