Thursday 3 September 2020

Contoh skema aliran udara (schematic air flow) pada sistem tata udara

 Assalamu'alaikum,
Salam sejahtra bagi kita semua.

Hallo.. apakabar sahabat,, sudah lama sekali saya tidak menjumpai anda semua.
Tulisan kali ini saya akan memberikan contoh skema aliran udara pada sistem hvac cleanroom baik untuk di ruang produksi farmasi ataupun ruang-ruang lainnya.

Bagi anda yang bekerja dibidang tata udara tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah skema aliran udara atau schematic air flow pada sistem hvac yang anda rancang. Schematic air flow ini biasanya sebagai gambar pelengkap yang disiapkan oleh seorang drafter dari vendor (kontraktor) HVAC untuk disajikan kepada pihak pemberi kerja dalam hal ini sebut saja pihak owner atau tim terkait dari owner.

Schematic air flow ini membantu memudahkan vendor untuk menjelaskan sistem tata udara yang dirancang kepada ihak owner dan tim nya. 

Nah... bagi sahabat yang sedang mencari contoh skema aliran udara pada sistem tata udara, atau disebut juga schematic air flow, berikut penulis lampirkan contoh gambarnya:

Pada gambar tersebut diatas, kita bisa sedikit review sebagai berikut : Ada 4 ruangan yang akan dikondisikan oleh sistem hvac kelas ruang 100.0000 atau kelas E/D dengan nama-nama ruangan seperti tampak pada gambar diatas.

Sistem HVAC disini akan mengkondisikan 4 ruangan  dengan suhu 20-27 deg, tekanan ruangan 15-20pa, RH maksimal 70% dan pertukaran udara 20x pejam (ACH=20x). 

Sekian sedikit pembahasan skema aliran udara pada sistem hvac kelas 100.000 /E, untuk lebih lengkapnya akan dibahas pada postingan berikutnya.
Jika sahabat akan membuat sistem HVAC seperti skema di atas atau sistem HVAC cleanroom lainnya silahkan  klik disini, atau jika ada kritikan atau pertanyaan silahkan isi komentar dibawah ya,

Supaya tidak ketinggalan update nya silahkan suscribe blog : www.ductinghvac.blogspot.com ini.
Dan jika postingan ini bermanfaat, silahkan share ke berbagai media sosial sahabat.

Terima kasih.
Salam sukses. 

Jangan lupa baca juga : Cara menentukan ukuran ducting.

No comments:

Post a Comment

Silahkan bubuhkan kritik, saran atau pertanyaan anda disini.