Monday 25 January 2016

cara menentukan ukuran ducting

Pada proses perancangan sistem HVAC baik AC central, splite duct ataupun sistem HVAC untuk kebutuhan clean room, diperlukan pemahaman dan penguasaan mengenai cara menentukan ukuran ducting. Secara umum ukuran ducting tergantung dari berapa banyak volume udara yang akan melalui ducting tersebut. Semakin besar volume udara maka semakin besar ukuran ducting yang diperlukan,  dengan kata lain semakin besar kapasitas AC maka semakin besar juga ukuran ducting yang digunakan. Namun demikian ada parameter penting yang tidak boleh kita lupakan dalam proses penentuan ukuran ducting yaitu kebisingan, dan kecepatan udara (air velocity) yang merupakan variabel tak bebas yang dapat mempengaruhi variabel-variabel lainnya. 

Kebisingan akan berbanding lurus dengan kecepatan udara, artinya semakin cepat laju udara didalam ducting akan menghasilkan gesekan yang besar sehingga tingkat kebisingan akan menjadi tinggi. Tingginya kecepatan udara akan terjadi jika ukuran ducting tidak seimbang dengan volume udara yang melaluinya, artinya ukuran ducting lebih kecil dari yang seharusnya. Untuk mengetahui jenis-jenis ducting bisa klik disini.

Perancangan sistem HVAC untuk perkantoran tentu ukuran ducting yang digunakan akan berbeda dengan sistem HVAC untuk pabrik-pabrik atau industri yang didalam nya terdapat mesin produksi dengan suara bising. artinya dengan kapasitas AC yang sama ukuran ducting untuk perkantoran, rumah sakit, dan laboratorium akan lebih besar dibanding dengan ducting untuk HVAC ruang produksi pada industri-industri.

Terima kasih
salam
Suki

No comments:

Post a Comment

Silahkan bubuhkan kritik, saran atau pertanyaan anda disini.